Kenapa Batuk Berdahak Harus Ditangani secara Berbeda ?

Kenapa Batuk Berdahak Harus Ditangani secara Berbeda ?



Ini karena batuk berdahak terjadi ketika paru-paru Anda mengalami infeksi sehingga menghasilkan dahak lebih dari kadar normal.

Akibatnya terdapat dahak pada tenggorokan yang keluar saat Anda batuk. Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar dapat bernapas dengan lebih lega.

Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh pilek, pneumonia dan sinusitis, namun kondisi ini dapat juga menjadi gejala penyakit bronkitis kronis, gagal jantung, dan asma.

Makin lama batuk menetap, maka makin tinggi risiko mendapat penyakit yang lebih serius. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada perokok dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Batuk merupakan kondisi yang relatif umum sehingga jarang diperiksakan ke dokter. Namun ada saatnya Anda perlu memeriksakan diri untuk mencegah risiko. Lalu kapan saat yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter?

  1. Jika batuk berdahak Anda tidak kunjung sembuh atau bahkan lebih parah, hingga lebih dari sepekan.
  2. Jika dahak yang keluar saat batuk berwarna hijau pekat atau merah muda berbusa.
  3. Jika terdapat darah dalam dahak Anda.
  4. Jika batuk berdahak Anda disertai dengan gejala berupa demam tinggi, nyeri dada, sesak napas, penurunan berat badan, ruam, mengi, telinga sakit, sakit kepala yang terus timbul.
  5. Jika Anda adalah perokok dan batuk Anda makin parah di malam hari.
  6. Jika Anda tiba-tiba merasakan gejala-gejala sakit kepala, nyeri otot, kelelahan.


Meredakan Batuk Berdahak 

Obat batuk berdahak yang tepat dapat meredakan gejala batuk berdahak yang anda alami, namun tetaplah berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsinya. 

Akan tetapi sebelum mengkonsumsi obat batuk, ada beberapa cara sederhana yang dapat di lakukan untuk meringankan batuk berdahak.

  • Berkumur dengan air biasa atau air garam setidaknya 60 detik, selama tiga kali sehari.
  • Perbanyak istirahat dan mengkonsumsi cukup air mineral 
  • Menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengencerkan dahak
  • Hindari kontak dengan pengidap flu dan batuk lain. 


Jika anda mempunyai buah hati yang berusia enam tahun/sebelum enam tahun disarankan untuk mengkonsumsi bahan alami untuk meredakan batuk seperti, lemon dan madu. Madu secara alami memiliki manfaat untuk membersihkan tengorokan dan meredakan iritasi penyebab batuk. Denga catatan, madu hanya dikonsumsi oleh anak di atas usia setahun. 

Dari penjelasan ini kita bisa lihat, beda penyakit beda pula cara penangannya ...

Intan Varash 
Tlp / wa : 0822 3757 7527 & 0877 6222 5026

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA