Apa itu Asam Lambung ( GERD) , Gejala, Penyebab Asam Lambung (GERD)




Apa itu Asam Lambung ( GERD) ? , Gejala, Penyebab Asam Lambung (GERD)




Apa Itu Asam Lambung (GERD) ?

Asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Apa itu asam lambung, gejala, penyebab asam lambung, obat herbal minyak varash classic healing oil

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan  kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau bagian kerongkongan.




PENYEBAB GERD


Umunya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES).  LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. 

LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

 

Gejala GERD 

1. Adanya sensasi terbakar pada ulu hati 

2. Munculnya rasa pahit pada bagian mulut 

3. Bau napas yang tidak sedap 

4. Sakit pada bagian dada

5. Batuk kering tanpa henti, terutama diamalam hari

6. Kesulitan dan nyeri saat menelan

7. Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba

8. Kembung dan bersendawa

9. Gigi menjadi rusak

10. Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau

11. Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan

Naiknya asam lambung akan membuat tubuh anda terasa tidak nyaman dan tentunya akan selalu mengganggu aktivitas kita.


Dibawah ini akan kami infokan 7 tips agar terhindar dari Naiknya Asam Lambung

1. Mengunyah permen Karet ( adanya aktivitas mengunyah dalam mulut akan meningkatkan produksi air liur (alkaline saliva) yang dapat berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan menekan risiko kejadian regurgitasi).

2. Minum Air Putih (air akan bekerja lebih cepat untuk meningkatkan kadar pH di dalam usus sehingga dapat mengurangi gejala GERD).

3. Ubah Posisi Badan (berdirilah sesudah makan agar dapat membantu makanan dan asam lambung tetap berada di dalam lambung dan tidak keluar ke tenggorokan).

4. Tarik Napas yang Dalam ( membantu menurunkan kadar udara yang ditelan dan menguatkan otot-otot yang mengelilingi sfingter bawah tenggorokan

5. Hindari Makanan yang Menyebabkan GERD (kopi, coklat, soda, alkohol, daging, produk susu, makanan berlemak dan makanan berasam (misalnya cuka pempek)

6. Makan Makanan Tinggi Protein & Kurangi Makanan yang Berlemak (Makanan yang kaya protein dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah sehingga dapat menahan refluks asam lambung ke tenggorokan. Sebaliknya jika makanan yang berlemak dapat menurunkan tekanan  sfingter esofagus bawah dan menyebabkan naiknya asam lambung).

7. Turunkan Berat Badan & Makan dalam Porsi yang Kecil (obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan).




Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA